Rabu, 04 Agustus 2010

Selayang Pandang

Pembangunan wilayah di Indonesia tidak lepas dari sektor pertanian, karena Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Oleh karena itu sektor pertanian merupakan sektor yang akan memberikan harapan bagi peningkatan perekonomian nasional.
Wilayah BPP Among Tani Kecamatan Kalikajar merupakan daerah pegunungan dan perbukitan dengan luas lahan 8.333,646 Ha. Terdiri dari lahan sawah 1.458,834 Ha dan lahan kering 6. 648, 040 Ha dengan ketinggian antara 600 – 1600 Dpl.  Jumlah penduduk sampai dengan tahun 2007 tercatat 64.523 jiwa dengan mata pencaharian mayoritas di bidang pertanian meliputi: pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, dan perikanan.
Untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani perlu adanya peran serta petani sendiri dan keluarganya dalam melaksanakan usaha taninya serta memfungsikan kelompok tani secara maksimal.
Agar pembangunan pertanian dapat mencapai sasaran maka perlu memadukan kebijakan pemerintah dengan kondisi dan keinginan petani serta mengetahui permasalahan melalui programa penyuluhan petanian.

0 komentar:

Posting Komentar